Syekh Saman Al-Madani:
Nama beliau adalah Gauts Zaman al-Waly Qutbil Akwan Syekh Muhammad bin Abdul Karim as-Samman al-Madani keturunan Sayyidina Hasan bin Sayyidina Ali dengan Sayyidah Fatimah az-Zahra binti Sayyidina Rasulullah Saw.
Nama beliau adalah Gauts Zaman al-Waly Qutbil Akwan Syekh Muhammad bin Abdul Karim as-Samman al-Madani keturunan Sayyidina Hasan bin Sayyidina Ali dengan Sayyidah Fatimah az-Zahra binti Sayyidina Rasulullah Saw.
Lahir di Kota Madinah pada tahun 1132 H / bertepatan tahun 1718 M.
Wafat pada hari Rabu 2 Zulhijjah tahun 1189 H, di makamkan di Baqi’.
Wafat pada hari Rabu 2 Zulhijjah tahun 1189 H, di makamkan di Baqi’.
Beliau adalah ulama besar dan wali agung berdarah AHLUL BAIT NABI
beraqidah ahlussunnah wal jamaah dengan Asy’ari dalam bidang teologi
atau aqidah, dan Syafii mazhab fiqih furu’ ibadatnya, dan Junaid
al-Baghdadi dalam tasawufnya.
Beliau r.a tinggal di Madinah menempati rumah yang pernah ditinggali
Khalifah pertama, yakni Sayyidina Abu Bakar Shiddiq r.a (seorang Shiddiq
yang paling agung yang tiada bandingnya, kecuali para Anbiya wal
mursalin).
Guru mursyid Beliau adalah Sayyidina Syekh Mustafa Bakri, seorang
wali agung dari Syiria, dari pihak ayah keturunan Sayyidina Abu Bakar
Shiddiq r.a dari pihak ibu keturunan Syayidina Husin Sibthi Rasulullah
Saw.
Pangkat kewalian beliau adalah seorang Pamungkas para wali, yakni
Gauts Zaman, dan wali Qutb Akwan, yakni kewalian yg hanya bisa dicapai
oleh para sadah yang dalam tiap periode 200 tahun sekali. Dan beliau
adalah Khalifah Rasulullah pada zamannya.
(syahdan) adalah nama beliau sayyidi syekh samman itu dari pada
lauhil mahfuz dan setengah dari pada WAZAN MAHDI menyebut kan yang
demekian itu di dalam kitab THABAQAT bagi sayyid ahmad as-syarnubi,maka
lihat lah di dalam THABAQAT nya itu
ADALAH TA’BIAT sayyidi syekh samman RA, kasih sayang kepada orang yang thalibul ilmu dan kepada orang yang sholih ,dan kepada orang tang faqir dan miskin dan lagi pula suka berkhidmah kepada orang yang ziarah ke maQam rasulullah dari pada orang yang ‘alim dan orang yang sholih dari pada orang awam dan khawwas
ADALAH TA’BIAT sayyidi syekh samman RA, kasih sayang kepada orang yang thalibul ilmu dan kepada orang yang sholih ,dan kepada orang tang faqir dan miskin dan lagi pula suka berkhidmah kepada orang yang ziarah ke maQam rasulullah dari pada orang yang ‘alim dan orang yang sholih dari pada orang awam dan khawwas
Tabi’at SAYYIDI SYEKH SAMMAN:
Selagi kecil hingga pada had mursyid’x : adalah beliau sangat memulia kan ke dua orang tua beliau ,lagi pula mengekal kan musyahadatuwujud dan muraqabah dan ‘ibadah hingga beliau meninggal kan dari pada adat dan melawani hawa nafsu beliau hingga dari pada yang halal sekali pun ,dan tida lah beliau tidur kecuali sedikit jua ,dan apabila di beri bantal oleh orang tua beliau maka keluh kesah lah beliau seperti orang yang sakit,dan apabila sampai pada waktu syahur beliau bangun dan membaca ratib syahur lalu sembahyang subuh berjama’ah dengan orang banyak lalu membaca ratib subuh hingga terbit matahari , dan apabila terbit matahari maka bangkitlah beliau untuk sholat sunat isyraq dua raka’at, dan apabila naik matahari seperempat maka bangkit lah beliau untuk sholat dhuha ,dan lagi pula adalah beliau membanyak kan puasa sunnat dan riyadhah dan menjauh kan dari bersedap dari lezat nya dunia sampai dari pada yang halal sekali pun ,dan adalah hal ihwal ini adalah hal jeada’an beliau semasa kecil beliau yakni sebelum balig nya , pada masa itulah beliau di suruh orang tua nya masuk ke dalam shiwan(tempat makan) untuk di beri makan makanan ,mana kala selesai makan di lihat oleh orang tua nya tempat ia makan se’olah” tak di makan beliau ,dan pergi lah orang tuanya kepada guru mengaji al-qur’an semasa kecil nya untuk menghabar kan hal ihwal anak nya ,maka di jawab oleh guru nya jangan lah engkau takut akan anak mu itu , tidak syak lagi bahwa ia adalah aulia allah da tidak khilaf lagi antara ulama,dan adalah sayyidi syekh samman apabila melihat orang tua nya memakai pakayan yang indah” atau memakai pakaya yang di larang syara’ maka di kata kan kepada nya wahai orang tua ku tidak lah suka tuhan kita kepada orang yang bersuka” di dalam dunia ini ,demikian lah hal ihwal masa kecil beliau.
Selagi kecil hingga pada had mursyid’x : adalah beliau sangat memulia kan ke dua orang tua beliau ,lagi pula mengekal kan musyahadatuwujud dan muraqabah dan ‘ibadah hingga beliau meninggal kan dari pada adat dan melawani hawa nafsu beliau hingga dari pada yang halal sekali pun ,dan tida lah beliau tidur kecuali sedikit jua ,dan apabila di beri bantal oleh orang tua beliau maka keluh kesah lah beliau seperti orang yang sakit,dan apabila sampai pada waktu syahur beliau bangun dan membaca ratib syahur lalu sembahyang subuh berjama’ah dengan orang banyak lalu membaca ratib subuh hingga terbit matahari , dan apabila terbit matahari maka bangkitlah beliau untuk sholat sunat isyraq dua raka’at, dan apabila naik matahari seperempat maka bangkit lah beliau untuk sholat dhuha ,dan lagi pula adalah beliau membanyak kan puasa sunnat dan riyadhah dan menjauh kan dari bersedap dari lezat nya dunia sampai dari pada yang halal sekali pun ,dan adalah hal ihwal ini adalah hal jeada’an beliau semasa kecil beliau yakni sebelum balig nya , pada masa itulah beliau di suruh orang tua nya masuk ke dalam shiwan(tempat makan) untuk di beri makan makanan ,mana kala selesai makan di lihat oleh orang tua nya tempat ia makan se’olah” tak di makan beliau ,dan pergi lah orang tuanya kepada guru mengaji al-qur’an semasa kecil nya untuk menghabar kan hal ihwal anak nya ,maka di jawab oleh guru nya jangan lah engkau takut akan anak mu itu , tidak syak lagi bahwa ia adalah aulia allah da tidak khilaf lagi antara ulama,dan adalah sayyidi syekh samman apabila melihat orang tua nya memakai pakayan yang indah” atau memakai pakaya yang di larang syara’ maka di kata kan kepada nya wahai orang tua ku tidak lah suka tuhan kita kepada orang yang bersuka” di dalam dunia ini ,demikian lah hal ihwal masa kecil beliau.
Sayyidina Syekh Samman Al-Madani:
Selalu dalam zdikir siang dan malam dan suka ber’ujlah (bersunyi dari manusia)dan masuk khalwat ,dan melajim kan ziarah ke baqi’ yakni pekuburan para istri” rasulullah ,di madinaturrasul ,
Selalu dalam zdikir siang dan malam dan suka ber’ujlah (bersunyi dari manusia)dan masuk khalwat ,dan melajim kan ziarah ke baqi’ yakni pekuburan para istri” rasulullah ,di madinaturrasul ,
DAN ADALAH HAL IHWAL NYA SAYYIDI SYEKH SAMMAN AL-MADANI pada masa
bidayah nya yakni masa awal permula’an dia menjalani akan jalan tasauf
beliau berpakaian dengan pakaian yang indah” kemudian datang sayyidi
syekh sayyid abdul qadir al-jailani membawa baju jubah putih padahal
adalah sayyidi syekh samman dalam kamar khalwat beliau dan memakai lah
akan baju jubah itu sampai sekarang,dan adalah beliau sa’at itu
menyembunyikan ilmu dan amal beliau hingga datang hadhdharurrasul
memerintah kan untuk menzahir kan nya ,maka zhahir lah lebih zhahir dari
matahari di tengah hari,dan berdatangan lah orang” untuk mengambi
bai’at thariqat kepada beliau
SETENGAH PERKATA’AN SAYYIDI SYEKH SAMMAN AL-MADANI:
barang siapa membaca ” allahummagfir li ummati sayyidina muhammad,allahummarham ummata sayyidina muhammad ,allahummastur ummata sayyidina muhammad ,allahummajbur ummata sayyidina muhammad ” 4 kali sesuda sholat subuh sebelum berkata” urusan dunia hal nya dia istiqamah adalah dia menempati martabat fadilah qutub
-barang siapa mengambil tariqat kepada ku dan mengamal kan nya niscaya pasti ia akan mendapat kan rasa majzub di dalam dunia (di ambil oleh allah aqal nya yang basyari’ah diganti dengan aqal yang bersifat rabbaniyah) yakni diambil oleh allah akan rasa punya wujud dan sifat dan af’al di ganti dengan rasa ‘adam mahdhah adam semata” yakni tiada punya wujud ,sifat dan af’al melayin kan hanya allah SWT yang punya wujud haqiqi,minimal sa’at sakaratul maut’ nya
-adalah perkata’an ku ini seperti perkata’an sayyidi syekh abdul qadir al-jailani “barang siapa yang menyeru akan aku ya samman 3 kali hal keada’an nya mendapat kesusahan ,niscaya datang aku menolongnya
barang siapa membaca ” allahummagfir li ummati sayyidina muhammad,allahummarham ummata sayyidina muhammad ,allahummastur ummata sayyidina muhammad ,allahummajbur ummata sayyidina muhammad ” 4 kali sesuda sholat subuh sebelum berkata” urusan dunia hal nya dia istiqamah adalah dia menempati martabat fadilah qutub
-barang siapa mengambil tariqat kepada ku dan mengamal kan nya niscaya pasti ia akan mendapat kan rasa majzub di dalam dunia (di ambil oleh allah aqal nya yang basyari’ah diganti dengan aqal yang bersifat rabbaniyah) yakni diambil oleh allah akan rasa punya wujud dan sifat dan af’al di ganti dengan rasa ‘adam mahdhah adam semata” yakni tiada punya wujud ,sifat dan af’al melayin kan hanya allah SWT yang punya wujud haqiqi,minimal sa’at sakaratul maut’ nya
-adalah perkata’an ku ini seperti perkata’an sayyidi syekh abdul qadir al-jailani “barang siapa yang menyeru akan aku ya samman 3 kali hal keada’an nya mendapat kesusahan ,niscaya datang aku menolongnya
Semula, ia belajar Tarekat Khalwatiyyah di Damaskus. Lama-kelamaan,
ia mulai membuka pengajian yang berisi teknik zikir, wirid, dan ajaran
tasawuf lainnya. Ia menyusun cara pendekatan diri dengan Allah SWT yang
akhirnya disebut sebagai Tarekat Sammaniyah. Sehingga, ada yang
mengatakan bahwa Tarekat Sammaniyah adalah cabang dari Khalwatiyyah.
Demi memperoleh ilmu pengetahuan, ia rela menghabiskan usianya dengan
melakukan berbagai perjalanan. Beberapa negeri yang pernah ia singgahi
untuk menimba ilmu di antaranya adalah Iran, Syam, Hijaz, dan
Transoxiana (wilayah Asia Tengah saat ini). Karyanya yang paling
terkenal adalah kitab Allnsab. Ia juga mengarang buku-buku lain, seperti
Mujamu al-Masyayikh, Tazyilul Tarikh Baghdad, dan Tarikh Marv.
Kemuliaan Syekh Muhammad Samman dikenal sebagai tokoh tarekat yang memiliki banyak karamah. Baik kitab Manaqib Syaikh al-Waliy al-Syahir Muhammad Saman maupun Hikayat Syekh Muhammad Saman, keduanya mengungkapkan sosok Syekh Samman.
Karamah sayyidi syekh samman teramat banyak dan sebagian karamah
Sayyidi Syekh Samman yang diriwayatkan Mufriin bin Abdul Mu’in dengan
katanya : ketika aku berlayar ke negeri Hijaz manakala aku sampai di
tepi laut ku lihat mega hitam pekat dan datang angin topan yang kencang
hingga kapal ku hampir tenggelam maka aku sangat takut , lalu aku
berteriak sehabis-habis suara “yaa Samman” 3 kali ya mahdali” maka tiba”
ada dua orang yang datang dan memegang kedua sisi kapal ku dan reda lah
angin tupan itu serta sampai lah aku ke negri hijaz dengan selamat
Sebagaimana guru-guru besar tasawuf, Syekh Muhammad Samman terkenal
akan kesalehan, kezuhudan, dan kekeramatannya. Konon, ia memiliki
karamah yang sangat luar biasa. “Ketika kaki diikat sewaktu di penjara,
aku melihat Syekh Muhammad Samman berdiri di depanku dan marah. Ketika
kupandang wajahnya, tersungkurlah aku dan pingsan. Setelah siuman,
kulihat rantai yang melilitku telah terputus,” kata Abdullah al-Basri.
Padahal, kata seorang muridnya, ketika itu Syekh Samman berada di
kediamannya sendiri.
Adapun perihal awal kegiatan Syekh Muhammad Samman dalam tarekat dan
hakikat, menurut Kitab Manaqib. diperolehnya sejak bertemu dengan Syekh
Abdul Qadir Jailani.
Suatu ketika, Syekh Muhammad Samman berkhalwat (menyendiri) di suatu
tempat dengan memakai pakaian yang indah-indah. Pada waktu itu. datang
Syekh Abdul Qadir Jailani yang membawakan pakaian jubah putih. “Ini
pakaian yang cocok untukmu.” Ia kemudian memerintahkan Syekh Muhammad
Samman agar melepas pakaiannya dan mengenakan jubah putih yang
dibawanya. Konon, Syekh Muhammad Samman menutup-nutupi ilmunya sampai
datanglah perintah dari Rasulullah SAW untuk menyebarkannya kepada
penduduk Kota Madinah.
Adalah sesorang untuk mendapatkan fadhilah satu karomah Aulia Allah
hendaklah ia yaqin bahwa orang itu benar-benar Aulia Allah dan tidak
syak atau keragu-raguan sama sekali dan jangan memungkirinya walaupun
keadaan wali tersebut menyalahi syara’
Dan Sayyidi Syekh Samman meninggal dunia pada hari rabu 2 zdulhijjah
tahun 1189 H, dan dimaqamkan di baqi’ berdekatan dengan kubur para
istri-istri Baginda Rasulullah
Beliau banyak memiliki karomah yang tidak bisa dihitung banyaknya, bahkan sampai saat inipun karamah itu terus ada.
Karamah agung beliau adalah pangkat kewaliannya yang begitu agung.
Beliau mendapat haq memberi syafaat 70.000 umat manusia masuk syurga
tanpa hisab.
Murid-murid beliau dr Indonesia : Qutb Zaman Syekh muhammad Arsyad
al-Banjari, Qutb Maktum Syekh Abul Abbas Ahmad at-Tijani (pendiri
tarekat Tijani), al-Qutb Syekh Abdussamad al-Palimbani, al-Qutb Syekh
Abdul Wahab Bugis (menantu Syekh Arsyad al-Banjari), al-Qutb Syekh
Abdurrahman al-Batawi (kakek Mufti betawi dari pihak ibu Habib utsman
betawi), al-Qutb Syekh dawud al-Fathani, dan lain-lain.
Dan diantara keagungan dan kemuliaan beliau yg amat banyak,
diantaranya : SEMUA MURID BELIAU YANG JUMLAHNYA RIBUAN MENEMPATI MAQAM
QUTB.
Beliau menempati kemulyaan karena beliau berada pada jalan Rasulullah dan para sahabatnya, yakni AHLUSSUNNAH WAL JAMAAH.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar